Cara Mencuci Tangan: 7 Langkah

Membangun kebiasaan kebersihan yang baik. Jika Anda menyentuh wajah atau beberapa permukaan umum dengan tangan yang tidak dicuci, Anda dapat menginfeksi diri sendiri dan lingkungan Anda dengan menyebarkan bakteri dan berbagai penyakit. Pilek, flu, dan diare menular adalah masalah kesehatan yang terkenal yang dapat ditularkan hanya dengan sentuhan.[1] X Sumber penelitian Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, 92% responden mengatakan mereka mencuci tangan secara teratur setelah menggunakan toilet, tetapi survei menemukan bahwa hanya 77% yang melakukannya.

Cuci tangan

Rendam tangan Anda. Kuras airnya dan cuci tangan dengan air hangat. Terlepas dari anggapan umum bahwa air panas membersihkan bakteri lebih baik daripada air hangat, yang terjadi justru sebaliknya. Selain itu, air panas dapat meningkatkan efek negatif iritasi pada sabun.

Gunakan sabun. Anda dapat menggunakan jenis apa saja, tetapi jika Anda ingin lebih banyak mencuci tangan ketika memiliki bentuk, warna, atau aroma tertentu, pilih sesuka hati.

Sabun tidak harus antibakteri untuk melakukan tugasnya. Sabun dirancang untuk menghilangkan kotoran dan membasuh bakteri daripada membunuhnya. Para peneliti telah lama menyelidiki apakah sabun antibakteri lebih baik dalam mencegah bakteri dan penyakit daripada sabun biasa, dan ada kecurigaan serius bahwa meluasnya penggunaan sabun antibakteri saat ini mendorong pertumbuhan bakteri yang kebal terhadap bahan antibakteri sabun. Sabun antibakteri juga dapat mengeringkan kulit lebih dari sabun biasa. Mereka juga mengandung bahan kimia yang disebut triclosan, yang berpotensi berbahaya. Sabun seperti itu tidak efektif dalam memerangi bakteri.

Busa sabun di tangan Anda. Gosok pergelangan tangan dan kedua sisi tangan serta sela-sela jari. Jangan lupa untuk mencuci semua kuku sampai bersih.

Cuci tangan Anda selama sekitar 15-20 detik. Itu akan keluar cukup untuk menyanyikan potongan lagu favorit Anda saat mencuci. Gosok dengan benar-benar bersih dan jangan langsung mencuci sabun. Beri waktu untuk bekerja dan sementara itu oleskan di semua tempat yang belum tertutupi pergelangan tangan. Cobalah menggosok dengan jari terkepal dalam gerakan melingkar, pertama searah jarum jam dan kemudian berlawanan arah jarum jam.

See also  Cara Menyelamatkan Seseorang Dalam Posisi Stabil: 9 Langkah

Cuci tangan Anda secara menyeluruh. Letakkan di bawah air mengalir, tetapi jangan menyentuh wastafel. Anda membasuh bakteri dan sabun.

Tutup keran dengan handuk, terutama jika Anda mencuci tangan di toilet umum. Ini sangat ideal jika air berhenti sendiri atau dengan fotosel. Jika tidak, gunakan handuk kertas, siku atau lengan bawah.

mengeringkan tangan

Keringkan tangan Anda dengan handuk bersih. Meskipun handuk kertas bukanlah benda yang paling ramah lingkungan, namun jauh lebih higienis daripada handuk tekstil. Jika Anda menggunakan handuk tekstil di rumah, cucilah secara teratur. Anda juga bisa sering menggunakan pengering tangan udara di toilet umum.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.