Cara Mengatasi Takut Eskalator

Takut eskalator, juga dikenal sebagai eskalofobia, mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia.[1] X Sumber penelitian Jika Anda menderita rasa takut akan eskalator, maka hal itu mungkin terwujud dalam kenyataan bahwa di atas eskalator Anda merasa terjebak dan merasa bahwa Anda harus jatuh dari tangga setiap saat. Ketika Anda mencoba naik eskalator, detak jantung Anda juga semakin cepat, Anda terkena hot flashes, Anda memiliki pernapasan yang cepat dan Anda menggigil tak terkendali. [2] X Sumber penelitian Untuk mengendalikan rasa takut, Anda dapat menghindari eskalator sama sekali – yang ada di pusat perbelanjaan, kereta bawah tanah, gedung perkantoran, dan tempat umum lainnya.[3] X Sumber Penelitian Ingatlah bahwa perubahan kebiasaan seperti itu berguna dalam ketakutan umum terhadap eskalator, tetapi tidak pada fobia yang sebenarnya. Jika Anda menderita eskalofobia nyata, Anda mungkin memerlukan terapi profesional.

Sesuaikan kebiasaan Anda

Jak překonat strach z eskalátorů – wikiHow

Jangan melihat ke bawah pada eskalator, tetapi ke atas. Hindari kontak mata dengan eskalator dan menatap langsung ke depan Anda saat mengemudi. Anda kemudian akan tetap benar-benar tenang di eskalator dan Anda akan mencapai tujuan dengan selamat.

Ini juga akan mengurangi pusing yang mungkin Anda alami saat mengemudi di eskalator.

Jak překonat strach z eskalátorů – wikiHow

Pegang pagar atau pegang tangan seseorang. Gunakan pegangan samping untuk memastikan stabilitas Anda. Ini juga akan mencegah pusing.

Jika orang lain bersama Anda, Anda dapat memegang tangan atau lengannya saat mengemudi di eskalator. Ini akan membantu Anda dengan rasa keseimbangan dan persepsi kedalaman.

Beberapa orang, takut eskalator, telah menemukan bahwa ketika mereka memakai sepatu kokoh saat naik eskalator, mereka mendapatkan rasa aman dan nyaman yang lebih besar.

Jak překonat strach z eskalátorů – wikiHow

Masuk eskalator hanya jika kosong. Beberapa orang dengan escalophobia merasa terjebak di eskalator yang penuh sesak dengan orang-orang di kedua sisinya. Banyak orang akan menggunakan tangga terutama pada jam sibuk. Alih-alih mencoba menaiki eskalator yang penuh sesak, tunggu beberapa saat hingga kerumunan yang mengalir berkurang. Anda kemudian akan merasa kurang dikelilingi saat berkendara di eskalator.

See also  Cara Mengenali Gejala HIV

Menjalani terapi

Jak překonat strach z eskalátorů – wikiHow

Cobalah hipnosis. Hipnoterapis percaya bahwa alam bawah sadar Anda terkadang bereaksi secara tidak tepat dalam berbagai situasi tertentu, seperti saat mengemudi di eskalator. Hipnoterapis akan mencoba mengubah respons Anda di alam bawah sadar pikiran Anda dan menemukan cara baru untuk merespons situasi tersebut. Pada saat yang sama, itu akan melepaskan rasa takut atau fobia Anda.

Dalam kasus eskalofobia, hipnosis dapat dilakukan dalam satu sesi awal, menggunakan paparan banjir imajiner, di mana terapis akan memandu Anda melalui pengalaman imajiner di eskalator saat Anda berada dalam relaksasi yang mendalam. Sesi pengantar biasanya diikuti oleh sesi lain, yang berfungsi sebagai pemeriksaan kondisi Anda.

Mintalah saran dari dokter ahli hipnoterapi bersertifikat dan cari tahu lebih banyak tentang Internet sebelum Anda membuat janji. Anda juga dapat bertanya kepada teman atau keluarga apakah hipnoterapi telah membantu salah satu dari mereka dari ketakutan atau fobia.

Jak překonat strach z eskalátorů – wikiHow

Pertimbangkan untuk menjalani terapi perilaku kognitif (CBT). Jenis psikoterapi ini berfokus pada penyesuaian pemikiran yang tidak tepat atau negatif sehingga Anda dapat melihat ketakutan atau fobia Anda dengan pikiran jernih dan merespons secara efektif. Anda akan bekerja dengan terapis dalam beberapa sesi yang akan membebaskan Anda dari eskalofobia dan memberikan solusi yang akan mengatasi ketakutan Anda.

Jika Anda ingin menjalani CBT, mintalah dokter Anda untuk menghubungi psikoterapis yang disegani. Seorang ahli yang cocok juga dapat direkomendasikan oleh teman atau anggota keluarga yang berpengalaman, atau berbagai situs web. Asuransi kesehatan Anda mungkin memberi Anda hak untuk menanggung perawatan psikoterapi tertentu. Karena itu, cari tahu apa itu dan sebelum Anda membuat janji dengan terapis, evaluasi biaya dan kewajiban keuangan apa pun yang mungkin terkait dengannya.

See also  Cara Menjalani Kehidupan Normal: 10 Langkah

Anda juga harus memeriksa kualifikasi terapis yang dipilih sebelum sesi itu sendiri. Temukan pendidikan, sertifikasi, dan lisensinya. Kebanyakan psikoterapis adalah dokter medis terlatih dengan spesialisasi dalam psikiatri atau konseling psikologis.

Jak překonat strach z eskalátorů – wikiHow

Cari pilihan terapi eksposur. Jenis terapi ini menempatkan Anda dalam lingkungan yang terkendali di lingkungan yang terkendali yang memicu fobia. Terapis akan mencegah Anda menghindari rasa takut dan mungkin juga menggunakan rangsangan interoseptif lainnya, seperti berbagai manifestasi fisik internal. Sebagian besar terapi pemaparan dibantu oleh terapis yang akan mengajarkan Anda untuk menoleransi ketakutan atau kecemasan yang terkait dengan subjek atau situasi tertentu.

Contoh terapi semacam itu mungkin adalah paparan bertahap orang Anda ke eskalator. Setelah Anda berhasil mendekati eskalator dengan nyaman, terapis dapat melanjutkan dengan mendorong Anda untuk meletakkan kaki Anda di langkah pertama, lalu langkah kedua, dan mencoba membiasakan diri dengan perasaan itu. Jika Anda secara bertahap terbiasa dengan kehadiran eskalator dan kemudian ke asrama, semua dengan bantuan terapis, ini akan membantu Anda memahami bahwa konsekuensi apa pun yang Anda takutkan saat mengemudi di eskalator tidak akan terjadi.

Jak překonat strach z eskalátorů – wikiHow

Coba Desensitization and Eye Movement (EMDR). Terapi ini awalnya digunakan untuk mengobati gangguan stres pasca-trauma dan secara bertahap disesuaikan untuk mengobati berbagai fobia. Selama EMDR, Anda akan dihadapkan pada rangkaian gambar yang cepat dengan objek atau situasi yang membangkitkan rasa takut Anda, dan Anda akan diinstruksikan oleh terapis untuk melakukan gerakan mata dan mendengarkan ketukan atau suara berirama. Tujuannya adalah untuk mengalihkan perhatian Anda dari fobia melalui gerakan mata yang cepat dan pemrosesan gambar dengan situasi atau objek yang ditakuti.

Beberapa ahli berpendapat bahwa EMDR lebih tepat untuk mengobati rasa takut yang telah berkembang sebagai akibat dari pengalaman traumatis atau untuk jenis ketakutan yang tidak rasional atau kurang praktis. Banyak orang dengan fobia pertama-tama mencoba hipnosis atau terapi pemaparan sebelum beralih ke EMDR.

See also  Cara Menjadi Sukses Dalam Hidup: 9 Langkah

Bicaralah dengan dokter Anda

Jak překonat strach z eskalátorů – wikiHow

Periksakan mata dan telinga Anda. Orang yang kesulitan menyeimbangkan diri di eskalator atau merasa pusing terkadang bisa mengalami gangguan kesehatan mata atau telinga. Oleh karena itu, periksakan mata Anda dan singkirkan masalah kesehatan yang dapat menyebabkan ketidakmampuan Anda untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas. Pada saat yang sama, mintalah dokter Anda untuk memeriksa telinga Anda untuk menyingkirkan masalah yang membuat Anda pusing.

Jak překonat strach z eskalátorů – wikiHow

Dapatkan diagnosis resmi. Berdasarkan gejala dan riwayat medis, mental dan sosial Anda, dokter Anda dapat menentukan apakah Anda menderita fobia. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan dalam wawancara klinis yang akan menanyakan tentang ketakutan dan intensitas eskalator Anda.

Definisi klinis mengatakan bahwa fobia adalah ketakutan akan suatu objek atau pengalaman yang bertahan selama enam bulan atau lebih. Saat terkena pemicu ini, Anda mungkin mengalami serangan panik, tetapi juga ketidaknyamanan dan kecemasan yang ekstrem. Anda mungkin akan menyadari bahwa ketakutan Anda tidak memiliki sifat atau alasan rasional dan akan mengganggu Anda bahwa Anda tidak dapat menghilangkannya. Ketakutan bisa begitu kuat sehingga Anda dapat mulai menyesuaikan rutinitas harian dan kehidupan sosial atau pekerjaan Anda hanya untuk menghindari fobia.

Setelah dokter Anda secara resmi mendiagnosis eskalofobia Anda, Anda dapat menganggap ini sebagai batu loncatan untuk menjalani terapi dan perawatan.

Jak překonat strach z eskalátorů – wikiHow

Dapatkan terapis yang cocok. Dokter Anda akan menghubungkan Anda dengan psikolog berpengalaman, spesialis terapi perilaku kognitif, atau ahli hipnoterapi. Sebelum menjalani perawatan, pertimbangkan pilihan Anda dengan cermat dan tinjau semua pro dan kontra.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.