Cara Mengenali Infeksi Tindik: 9 Langkah

Saat ini, tindik masih merupakan bentuk dekorasi tubuh yang sangat populer, yang tidak direnungkan terlalu lama oleh orang-orang. Mereka hanya memutuskan untuk melakukan penindikan dan segera melakukannya. Namun, ini juga berarti bahwa sebagian besar dari orang-orang ini tidak menyadari bahwa selama proses penyembuhan, mereka memiliki risiko infeksi yang relatif tinggi pada luka baru. Dalam keadaan tidak diobati, tindikan yang terinfeksi secara bertahap dapat berkembang menjadi sejumlah besar penyakit yang berbeda dan, tentu saja, dapat meninggalkan jaringan parut yang tidak sedap dipandang.

Mendekati

Jak rozpoznat infekci piercingu: 9 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Periksa lebih dekat. Perhatikan tindikan Anda dari dekat di ruangan yang cukup terang dan ajukan beberapa pertanyaan pada diri Anda sendiri.

Berapa lama saya memiliki tindik? Infeksi biasanya tidak masuk ke luka baru setelah ditindik segera setelah ditusuk. Anda tidak akan dapat mengenali kemungkinan infeksi sampai sekitar satu minggu setelah penindikan.

Di manakah lokasi piercing? Jika tindik Anda berada di area yang umumnya lebih rentan terhadap peradangan (misalnya telinga, pusar, alat kelamin, bibir, dll), risiko infeksi akan lebih tinggi jika tindik tidak ditangani dengan benar.

Apakah saya melakukan penindikan sendiri? Tindik mandiri jauh lebih berbahaya dan rentan terhadap infeksi, karena berbagai alasan, seperti penggunaan alat yang tidak sesuai dan alat bantu yang tidak disterilkan atau digunakan sebelumnya, dll. Cara terbaik untuk menghindari masalah adalah dengan menemui dokter.

Jak rozpoznat infekci piercingu: 9 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Cari kemerahan. Tindikan segar pada dasarnya selalu sedikit kemerahan atau merah muda untuk beberapa waktu setelah dibuat. Namun, jika kemerahan tidak hilang secara bertahap atau, sebaliknya, memburuk atau menjadi gelap, maka ada kemungkinan infeksi telah memasuki tindik.

Jak rozpoznat infekci piercingu: 9 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Periksa pembengkakan. Jika area di sekitar tindik membengkak luar biasa untuk waktu yang lama, maka kemungkinan besar tindik terinfeksi.

See also  Cara Mengobati Ambliopia: 8 Langkah

Jak rozpoznat infekci piercingu: 9 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Perhatikan nanah atau cairan serupa. Nanah putih biasanya menunjukkan peradangan yang sangat ringan, yang harus Anda lalui sementara itu dan lanjutkan dengan kebersihan normal untuk penyembuhan tindik yang tepat. Dalam melakukannya, periksa tindikan secara teratur dan perhatikan tanda-tanda penyembuhan progresif. Namun, situasi yang lebih serius terjadi jika nanah yang diamati berwarna kuning atau hijau.

Terkadang cairan bening bisa keluar dari tindikan, mungkin getah bening, yang menunjukkan penyembuhan yang tepat. Getah bening muncul ketika darah mengalir ke kapiler dan sedikit merembes ke dalam sistem limfatik. Sistem limfatik membagi getah bening menjadi “buruk” dan “baik” (limfa buruk mengalir ke kelenjar getah bening yang Anda rasakan ketika Anda merasa sakit).

Anda dapat dengan mudah mengenali getah bening dengan warna putih hingga sedikit kuning dan kerak kering yang terbentuk di sekitar tempat suntikan.

Jadi tidak ada alasan untuk panik dalam situasi ini. Lanjutkan saja dengan pembersihan tindik normal dan biarkan sembuh total.

Cairan yang keluar dari tindik dalam banyak kasus adalah getah bening. Anda harus khawatir tentang kotoran yang lebih padat dan bau dari warna yang lebih gelap.

Jak rozpoznat infekci piercingu: 9 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Perhatikan rasa sakitnya. Rasa sakit menusuk atau terbakar cukup umum pada hari-hari pertama setelah penindikan. Bagaimanapun, Anda memiliki luka terbuka yang baru di tubuh Anda. Namun, jika Anda mengalami rasa sakit yang sangat tajam saat bersentuhan dengan tindik, maka ini mungkin merupakan tanda infeksi.

Jak rozpoznat infekci piercingu: 9 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Pastikan tindik mengeluarkan panas. Jika tindikan Anda terasa sangat panas saat disentuh atau hanya mengeluarkan panas, ini mungkin merupakan tanda infeksi lainnya.

Jak rozpoznat infekci piercingu: 9 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Perhatikan bagian tubuh yang tertusuk jika terjadi kehilangan fungsi. Beberapa bagian tubuh, seperti lidah, dapat menjadi kusam setelah penindikan, kehilangan sensasi, dan peradangan apa pun dapat memperburuk keadaan. Jika area di sekitar tindikan terasa sangat nyeri, kemungkinan ada infeksi.

See also  Cara Menghilangkan Sariawan

Jak rozpoznat infekci piercingu: 9 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Waspadai demam/menggigil/mual. Sebuah tanda yang jelas dari masalah adalah demam, sering diikuti oleh menggigil dan mual. Dalam kasus ini, Anda mungkin mengalami infeksi lokal di tempat penindikan atau bentuk sistemik yang jauh lebih serius dan berpotensi fatal – sepsis. Jika Anda mengalami demam tinggi yang terus-menerus, menggigil atau mual, konsultasikan dengan dokter Anda. Ini jelas bukan reaksi normal terhadap tindikan.

Jak rozpoznat infekci piercingu: 9 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Singkirkan infeksi. Jika Anda mendeteksi peradangan pada tindikan Anda, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan sekarang. Hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah Anda harus mengeluarkan permata dari lukanya. Namun, ini akan menjadi kesalahan besar, karena akan memungkinkan tusukan untuk menutup, yang akan menjebak infeksi di dalam jaringan, nanah tidak akan mengalir dan, akibatnya, abses bisa terbentuk di tempat suntikan. Sebaliknya, Anda harus melanjutkan dengan kebersihan yang ketat dan menghubungi penindik Anda sesegera mungkin.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.