Cara Mengobati Ambliopia: 8 Langkah

Amblyopia, atau ambliopia, adalah suatu kondisi di mana satu mata lebih lemah dari yang lain, yang dapat menyebabkan defleksi mata (ketidakmampuan untuk fokus pada objek yang sama di ruang angkasa) dan gangguan penglihatan lebih lanjut pada mata yang lebih lemah. Ambliopia adalah kasus gangguan penglihatan yang paling umum pada anak-anak.[1] X A Trusted Resource Mayo Clinic Pergi ke sumber Berbagai pilihan pengobatan tersedia untuk orang dengan ambliopia dari segala usia, meskipun anak-anak cenderung mengelola pengobatan lebih baik daripada pasien yang lebih tua [2] X Sumber Terpercaya Mayo Clinic Pergi ke sumber

Pengobatan kasus ambliopia yang tidak terlalu parah

Jak léčit tupozrakost: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Pahami apa itu ambliopia. Penglihatan kabur adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi medis yang disebut “ambliopia”. Ambliopia adalah kondisi yang paling sering menyerang anak-anak berusia sekitar tujuh tahun. Gejala pertama adalah bahwa satu mata lebih tebal dari yang lain, sehingga anak secara otomatis menggunakan mata yang lebih kuat daripada mata yang lebih lemah (ia memberikan mata yang lebih kuat secara bertahap lebih banyak dan lebih banyak preferensi). Ini mengurangi penglihatan mata yang lebih lemah karena perkembangan jalur visual yang tidak lengkap, yang memburuk seiring waktu (semakin lama kondisi ini berlangsung tanpa pengobatan).

Penting untuk mendiagnosis dan mulai mengobati masalah sejak dini. Semakin cepat Anda mulai menangani ambliopia, semakin cepat dan semakin baik hasilnya.

Penglihatan tumpul biasanya tidak memiliki konsekuensi jangka panjang, terutama jika Anda mengetahui masalahnya tepat waktu dan lebih kecil (yang merupakan sebagian besar dari mereka).

Perhatikan bahwa seiring waktu, saat mata yang lebih kuat memperoleh kekuatan relatif terhadap mata yang lebih lemah, mata yang lebih lemah mulai menyimpang. Ketika Anda melihat anak Anda, atau ketika dokter memeriksanya, satu mata mungkin tampak bergerak ke samping – tidak terfokus pada objek di depannya dan tidak lurus sempurna.

See also  Cara Mengetahui Apakah Anda Alergi Gluten

Kelainan ini relatif umum pada ambliopia dan biasanya diselesaikan melalui diagnosis dan pengobatan yang cepat.

Jak léčit tupozrakost: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Periksa ke dokter. Karena ambliopia paling sering didiagnosis pada anak-anak, segera temui dokter jika Anda mencurigai masalah ini pada anak Anda. Untuk memastikan perawatan medis tepat waktu, lakukan pemeriksaan mata secara teratur. Beberapa dokter menyarankan pemeriksaan pada enam bulan, tiga tahun, dan setiap dua tahun sesudahnya.

Meskipun ambliopia biasanya terjadi pada anak-anak, penelitian terbaru menunjukkan bahwa ambliopia juga terjadi pada orang dewasa. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter atau spesialis mata untuk mendapatkan perawatan yang paling tepat.

Jak léčit tupozrakost: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Pakai selotip mata. Dalam beberapa kasus ambliopia, disarankan untuk menutupi mata yang lebih tebal. Ini akan memaksa mata yang lebih lemah untuk menggunakan lebih banyak, yang secara bertahap akan memperkuatnya. Flap mata ini khas terutama pada pasien yang lebih muda dari 7 atau 8 tahun. Penutup biasanya dipakai selama 3-6 jam sehari selama beberapa minggu, tetapi juga selama satu tahun.

Dokter Anda mungkin merekomendasikan berbagai latihan. Bila Anda memiliki mata yang buta lebih kuat, Anda perlu fokus pada membaca, tugas sekolah, dan situasi serupa di mana Anda melihat objek dari dekat.

Tutup dapat digunakan bersama dengan kacamata korektif.

Jak léčit tupozrakost: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Gunakan obat mata yang diresepkan. Obat-obatan (biasanya berupa obat tetes mata) dapat digunakan untuk mengaburkan penglihatan mata yang sehat sehingga membuat kerja mata menjadi lebih lemah. Perawatan ini bekerja dengan prinsip yang sama seperti penutup mata, sehingga memaksa mata yang lebih lemah untuk memperkuat penglihatannya.

Obat mata bisa menjadi pilihan yang baik untuk anak-anak yang menghindari penggunaan penutup mata (dan sebaliknya). Namun, obat tetes ini mungkin tidak efektif ketika mata yang lebih kuat mengalami rabun jauh.

See also  Cara Mengenali Gejala HIV

Tetes mata atropin terkadang dikaitkan dengan efek samping, termasuk:

iritasi mata

kemerahan pada kulit di sekitarnya

Sakit kepala

Jak léčit tupozrakost: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Penyakit ini juga dapat diobati dengan kacamata korektif. Kacamata khusus biasanya diresepkan untuk meningkatkan fokus mata dan mencapai sudut yang tepat. Pada kasus ambliopia tertentu, terutama rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme, kacamata ini ikut serta dalam pengobatan dan dapat menyelesaikan masalah secara tuntas. Dalam kasus lain, kacamata dapat digunakan bersama dengan perawatan lain untuk ambliopia. Bicaralah dengan dokter atau spesialis mata Anda jika Anda tertarik dengan kacamata semacam itu.

Anak-anak dengan usia yang sesuai dapat memakai lensa kontak sebagai pengganti kacamata.

Perhatikan bahwa orang yang awalnya mengalami gangguan penglihatan mungkin memiliki masalah dengan penglihatan normal. Ini karena Anda terbiasa dengan gangguan penglihatan Anda dan Anda perlu waktu untuk membiasakan diri dengan penglihatan yang disesuaikan.

Pengobatan kasus ambliopia yang lebih parah

Jak léčit tupozrakost: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Menjalani operasi. Pembedahan dapat memperbaiki mata Anda jika perawatan lain tidak berhasil. Pembedahan akan membantu Anda mengobati ambliopia bahkan jika itu disebabkan oleh katarak. Operasi mungkin terkait dengan penutup mata berikutnya, obat mata atau kacamata, tetapi jika Anda mendapatkan hasil yang baik, Anda mungkin juga dapat melihat sendiri dengan baik.

Jak léčit tupozrakost: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Lakukan latihan mata seperti yang direkomendasikan oleh dokter Anda. Latihan mata dapat direkomendasikan baik sebelum atau sesudah operasi untuk memperbaiki kebiasaan visual yang buruk dan mempelajari penglihatan yang baik untuk mata yang nyaman.

Karena ambliopia berhubungan dengan melemahnya otot mata di mata yang lebih lemah, latihan kekuatan diperlukan untuk mengembalikan otot mata ke jalurnya di kedua sisi.

Jak léčit tupozrakost: 8 Kroků (s obrázky) – wikiHow

Temui dokter untuk pemeriksaan mata secara teratur. Bahkan setelah ambliopia Anda telah disembuhkan melalui pembedahan (dan sebaliknya), ada kemungkinan bahwa ambliopia dapat kembali lagi di masa mendatang. Untuk mencegah masalah ini, ada baiknya mengunjungi dokter secara teratur, yang akan merekomendasikan berbagai latihan mata, sehingga Anda memiliki kesempatan untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.

See also  Cara Menjalani Kehidupan Normal: 10 Langkah

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.